Krisis Global dan Ancaman PHK Massal Perusahaan

Langkah Kamil Meredam Isu Ancaman PHK Massal

 

funkeyboards.com – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengungkapkan langkahnya dalam menahan ancaman PHK saat krisis global ini. Kang Emil mengungkapkan pemerintah provinsi (pemprov) akan terus bekerja keras memberikan perlindungan dan kemudahan berusaha. Resesi ekonomi global di prediksi akan terjadi pada 2023 akan memberi tekanan terhadap dunia usaha yang nantinya akan menimbulkan ancaman PHK.

 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kawil, berharap dengan masuknya investasi bisa meredam risiko PHK karena meningkatnya ketersediaan lapangan kerja. Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) merespon isu PHK, agar semua pihak mengedepankan proses dialog untuk menghindari terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK). Sektor yang rentan menghadapi ancaman PHK adalah industri tekstil dan produk tekstil (TPT). Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Jemmy Kartiwa Sastraatmaja mengungkapkan sudah 45 ribu karyawan industri tekstil telah dirumahkan.

 

Baca juga Situs berita dan informasi terbaru hari ini: Iphone 14 Langka.

 

Daftar Perusahaan Indonesia Terimbas Krisis Global dan Ancaman PHK

 

Langkah Ridwan Kamil Meredam Isu Ancaman PHK

 

Gelombang ancaman PHK terus menjadi momok di tengah krisis global belakangan ini. Sampai-sampai membuat beberapa perusahaan skala global masuk dalam daftar ini. Bahkan sejumlah perusahaan indonesia sudah melakukan PHK massal. Perlambatan ekonomi yang terjadi pada negara-negara mitra dagang Indonesia membuat permintaan ekspor berkurang.

 

Berikut daftar perusahaan yang sudah Melakukan PHK sepanjang 2022:

 

• Krisis Global Ancaman PHK – Shopee Indonesia

PT Shopee Indonesia melakukan PHK, sebagai usaha terakhir perusahaan melakukan efisiensi. Shopee sebelumnya juga telah membuat beberapa perubahan kebijakan bisnis. Shopee Indonesia tidak menerangkan berapa banyak karyawan yang terkena PHK, yang pasti karyawan yang di PHK pasti mendapat pesangon. Fasilitas asuransi kesehatan perusahaan masih dapat mereka gunakan hingga akhir tahun, kata Shopee Indonesia.

 

• Krisis Global Ancaman PHK – Indosat Ooredoo Hutchison

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) melakukan PHK massal ke 300 lebih karyawannya. Langkah rightsizing ini berjalan lancar dengan hampir seluruh karyawannya setuju. Pesangon yang di dapat karyawan Indosat tidak main-main jumlahnya, dengan rata-rata 37 kali gaji mereka dan yang tertinggi mencapai 75 kali gaji pokok.

 

• Krisis Global Ancaman PHK – Link Aja

LinkAja melakukan PHK memastikan agar perusahaan bertumbuh secara optimal dengan SDM yang efisien dan fokus pada bisnis perusahaan saat ini. Semua itu di lakukan berdasarkan relevansi fungsi SDM kepada kebutuhan dan fokus visi misi bisnis perusahaan ini.

 

• Krisis Global Ancaman PHK – LINE Indonesia

LINE sempat viral di media sosial bulan mei lalu, karena melakukan PHK 80 karyawannya di Indonesia. Pihak kami sudah mengklarifikasi berita tersebut, PHK memang terjadi tetapi tidak sampai ke angka yang disebutkan.

 

• Tokocrypto

Perusahaan penjual koin digital Tokocrypto memberhentikan sekitar 20 persen dari 227 orang jumlah pekerja. VP Corporate Communications Tokocrypto Rieka Handayani mengatakan pemberhentian puluhan karyawan ini karena perusahaan ingin melakukan perubahan strategi bisnis.

 

• TaniHub

PHK terhadap karyawan startup pertanian TaniHub berimbas karena di tutupnya operasional gudang wilayah Bandung dan Bali. Namun, tidak di sebutkan berapa banyak karyawan yang terkena PHK.

 

• Pahamify

Startup bidang pendidikan, Pahamify, melakukan PHK massal untuk bertahan dalam kondisi ekonomi makro terkini. Ternyata langkah tersebut tidak bisa menyelamatkan perusahaan dari kehancuran, Pahamify bubar akhir Juni 2022.

 

• SiCepat

Start up jasa logistik ini melakukan PHK terhadap sekitar 360 karyawannya, langkah ini ditempuh sebagai evaluasi kompetensi karyawan.

 

• Mamikos

Start up layanan pencarian kos ini melakukan PHK dalam menjaga neraca keuangan perusahaan saat kondisi pasar dan ekonomi makro yang sedang dipenuhi ketidakpastian.

 

• JD.ID

E-commerce JD.ID mengambil langkah PHK, agar perusahaan dapat terus beradaptasi dalam mengikuti dinamika pasar dan tren industri di Indonesia.

 

• Zenius

Startup pendidikan Zenius juga melakukan PHK terhadap 200 karyawannya karena dampak kondisi makro ekonomi. Langkah untuk beradaptasi karena pergolakan yang mempengaruhi industri, Zenius perlu melakukan konsolidasi dan sinergi proses bisnis.

 

• GrabKitchen

Grab akan menutup layanan GrabKitchen Indonesia pada tanggal 19 Desember 2022. Perusahaan bakal akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap belasan karyawan.